Friday, April 8, 2011

Orang Miskin Diminta Tak Pilih Foke

Urban Poor Consosium (UPC) secara tegas menolak pencalonan Fauzi Bowo sebagai
gubernur untuk kedua kalinya. Sebab, kepemimpinan Foke saat ini terbukti gagal mengentaskan persoalan warga miskin ibukota.
Ketua UPC, Wardah Hafiz menilai, kinerja Foke jeblok dalam menanggulangi kemiskinan dan tata ruang kota.
“Awalnya, saya banyak berharap sama dia (Foke), tapi nyatanya tidak. Dia malah bikin orang miskin tambah miskin. Saya minta untuk tidak pilih dia, syukur-syukur Foke tahu diri untuk tidak nyalon (lagi),” jelas Wardah kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
Dikatakan Wardah, banyak kebijakan Foke yang tidak berpihak rakyat miskin. Misalnya, aksi penggusuran, penangkapan anak jalanan dan penertiban pedagang kaki lima (PKL) terus marak tanpa diikuti program pembinaan dan pemberdayaan.
Berdasarkan data yang dipegangnya, makin banyak masyarakat yang bunuh diri akibat kemiskinan. Selain itu, kata Wanda, susahnya masyarakat miskin yang mencari pengobatan. “Di (RS) Tjipto, banyak warga miskin yang ditolak mentah-mentah karena dianggap tidak bisa membayar pengobatannya,” jelasnya.
Hal itu diperparah dengan rencana penggusuran masyarakat di bantaran kali. Padahal, lanjutnya, warga telah sepakat menjaga kali dari sampah, asal mereka diberikan tempat tinggal yang nyaman.
“Mereka juga bersedia mundur beberapa meter dari kali dan bersedia menjadi penjaga kali. Harusnya, itu diapresiasi oleh Pemkot, bukannya justru akan gusur habis-habisan,” katanya.
Sebelumnya, Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) Lutfi Hakim meminta Foke merelakan jabatan Gubernur DKI Jakarta 2012 kepada calon lain yang dinilai lebih mampu. ”Dia harus memberi kesempatan yang lain untuk berkontribusi dan memperbaiki Jakarta,” ujar Lutfi usai diskusi “Siapa Pengganti Fauzi Bowo?” di Jakarta, Jumat (18/3).
Mengenai siapa kandidat yang akan diusung FBR, Lutfi menyatakan, sejauh ini belum final. Meskipun demikian, FBR memiliki kriteria yang disepakati untuk jadi patokan calon gubernur yang akan didukung. ”Berasal dari Betawi memang menjadi pertimbangan kami. Tapi kalau soal sipil atau nggak sipil rasanya itu bukan masalah. Yang penting, mampu memikirkan kesejahteraan rakyat dan mampu menyelesaikan masalah Jakarta, seperti kemacetan dan banjir,” kata Lutfi.
Sementara, Forum Pemuda Betawi (FPB) tetap mendukung Foke untuk maju di Pilgub DKI 2012.
“Kita tidak bisa serta merta menyalahkan Gubernur Fauzi Bowo jika terdapat kekurangan. Sebab, Pak Fauzi sudah bekerja keras membangun Jakarta. Jika ada kekurangan, ya di tambal saja, mana yang kurang,” kata Ketua FPB, Edi Guryadi kepada Rakyat Merdek.
Edi meyakini, siapapun gubernurnya saat ini, maka tak akan mampu menyelesaikan berbagai persoalan Jakarta secara cepat, baik macet, banjir maupun lainnya.
Selain itu, dia membantah, jika kerja Foke sama dengan gubernur sebelumnya. “Jika mau disamakan, maka beri kesempatan untuk Bang Foke dua periode dulu.”QAR

No comments:

Post a Comment