Thursday, January 27, 2011

Fredikus Gebze, Bekas Calon Bupati Merauke

SMS Isteri Setelah Dinyatakan Keok

Fredikus Gebze langsung mengirim pesan pendek (SMS) ke isteri dan anak-anaknya di tanah Papua, sesaat setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatannya.
Dalam pesan pendek itu, bekas calon Bupati Marauke, Papua ini mengabarkan perihal kekalahannya dalam sidang pilkada yang digelar di MK.
Dari SMS balasan yang diterimanya, Fredikus mengartikan seluruh keluarga di Merauke tidak ada yang kecewa dengan putusan MK. “Justru meraka langsung memberikan semangat kepada saya,” kata Fredikus saat ditemui Rakyat Merdeka di MK baru-baru ini.
Menurutnya, keluarga tidak akan shock karena mereka sudah memahami niatan awal serta ketulusannya ingin memajukan masyarakat Merauke melalui pilkada.
“Sejak awal maju mencalon diri sebagai kepala daerah, saya sudah siap menang dan kalah,” papar pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Marauke ini.
Ditanya apa dasar gugatannya ke MK, Fredikus mengaku hanya sekadar ingin mendapatkan legitimasi hukum. “Kami menemukan ada indikasi kecurangan, tapi kalau MK melihatnya tidak, kita pasti menerima dan menghormatinya.”
Awalnya, gugatan Fredikus dan pasangan Laurensius Gebze-Achnan Rosyadi, dan Daniel Walinaulik-Omah Laduani Ladamay ke MK membuahkan hasil. Gugatan mereka di kabulkan MK dengan memerintahkan KPUD setempat menggelar pemungutan ulang di Pilkada Merauke. Tapi, hakim MK menolak gugatan keduanya tidak terdapat hal-hal dan keadaan baru yang didukung bukti-bukti tambahan yang meyakinkan.
Akhirnya MK menetapkan perolehan suara bagi perserta Pilkada Merauke. Pasangan Fredikus Gebze-Waryoto hanya menempati peringkat tiga dengan 13.736 suara.
Sementara, pemenang Pilkada Merauke jatuh pada pasangan Romanus Mbaraka-Sunajo dengan memperoleh 47.643 suara. Disusul pasangan Daniel Walinaulik-Omah Laduani Ladamay dengan 23.148 suara. Sedangkan di posisi terakhir ditempati pasangan Laurensius Gebze-Achnan Rosyadi dengan 3.681 suara.
Meski kalah, Fredikus yang didukung Partai Hanura mengatakan, akan terus mengawasi dan memberikan cek and balance dalam roda pemerintahan daerah yang baru. Bahkan, sebelum meninggalkan gedung MK, Fredikus sempat menyalami pasangan pasangan Romanus Mbaraka-Sunajo sebagai pemenang Pilkada Makauke.
“Kita akan memberikan dukungan kepada pasangan terpilih untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Marakuke” tutupnya. QAR

No comments:

Post a Comment