Friday, January 21, 2011

Ruslandi, Bekas Wakil Bupati Indramayu

Dukungan Muncul Didetik-detik Akhir

Ruslandi, bekas Wakil Bupati Indramayu, Jawa Barat (Jabar) mulai intropeski diri dengan kekalahannya di Pilkada Indramayu 2010.
Salah satu faktor kekalahan Ruslandi adalah dukungan partai politik (parpol) muncul didetik-detik terakhir.
Padahal, lanjutnya, jika PDIP, partai yang menyokongnya di pilkada, sejak awal mendukungnya, dipastikan menang karena basis PDIP ada di daerah itu.
Menurutnya, masyarakat Indramayu termasuk dalam kategori tradisional dan memilih karena figur Soekarno.
“Jika jauh hari saya sudah didukung PDIP, maka dipastikan mampu mengimbangi pasangan incumbent. Di Pilpres 2009 saja PDIP unggul,” jelas Ruslan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
Berdasarkan hasil rekapitulasi KPUD Indramayu nomor 345/KPU-Im/Kab/VIII/2010 yang ditanda-tangani Ketua KPUD Indramayu A Khotibul Umam menempatkan pasangan Gorry Sanuri-Ruslan diposisi ketiga. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini memperoleh 94.826 suara (11,30 persen).
Sedangkan peringkat pertama diraih pasangan Anna Sophanah-Supendi dengan perolehan 510.215 suara (60,81 persen). Peringkat kedua diduduki pasangan Uryanto Hadi-Abas Abdul Jalil dengan 124.450 suara (14,83 persen).
Peringkat keempat ditempati Toto Sucartono-Kasan Basari dengan 46.941 suara (5,60 persen), pasangan Api Karpi-Rawita memperoleh 44.993 suara (5,40 persen). Sedangkan posisi bontot ditempati Mulyono Martono- Handaru Wijaya Kusumah dengan 17.561 suara (2,09 persen).
Penyebab kekalahan lain adalah kurangnya bersosialisasi ke masyarakat saat kampanye.
“Saat kampanye itu, saya ibadah umrah, jadi waktu sedikit berkurang untuk bersosialisasi, turun ke bawah menemui masyarakat,” jelasnya.
Ruslan mengakui pasangan incumbent Anna Sophanah-Supendi yang memenangkan pilkada memang dikenal dengan pribadi yang loyal di berbagai kalangan masyarakat.
“Tak heran jika Anna Sophanah menempati posisi tertinggi dan jauh meninggalkan pasangan lainnya. Tapi tidak menutup kemungkinan juga dia lakukan kesalahan saat pilkada,” katanya.
Meski tidak terpilih, tapi dia tetap akan memperjuangan aspirasi rakyat lewat legislatif. Maklum saja, Ruslan saat ini menjadi Ketua DPRD Kabupaten Indramayu. “Jadi, saya akan memaksimalkan peran saya.”

Ditanya apakah akan kembali maju di pilkada periode selanjutnya, dia mengaku masih belum bisa memutuskannya dalam waktu dekat ini. QAR

No comments:

Post a Comment